Tutorial Frame by Frame Adobe Flash

FRAME BY FRAME


INDIKATOR
Dapat memahami, menggunakan dan membuat animasi frame by frame.


URAIAN
Frame by frame adalah animasi yang biasa digunakan pada berbagai aplikasi program pembuat film animasi atau kartun. Pemahaman konsep animasi ini sangat simpel, di mana kita memiliki gambar yang banyak yang memiliki sedikit perubahan. Bila gambar ini kita tampilkan secara berurutan maka gambar yang tampak seolah- olah merupakan gambar yang bergerak. Konsep ini sama seperti konsep pembuatan film kartun pada jaman dahulu. Meski konsepnya sangat sederhana dan sangat kuno, tapi konsep animasi frame by frame ini masih digunakan apabila semua type animasi yang ada dalam flash tidak dapat dilakukan.


Dalam pembuatannya animasi frame by frame ini sangat rumit karena kita harus membuat gambar setiap frame yang berbeda agar animasi kelihatan bergerak, tetapi kita dapat membuat animasi dalam bentuk apa pun. Coba perhatikan deretan gambar berikut :




Perhatikan gambar di atas, pada gambar di atas terdapat perbedaan pada masing-masing gambar. Bila gambar tersebut ditampilkan secara berurutan maka gambar seolah-olah bergerak dan menggambarkan bunga yang tumbuh dan ada kupu- kupu terbang di atasnya.


Tutorial Animas Frame by Frame Adobe Flash


a. Buatlah Animasi frame by frame dengan ukuran width = 240 px dan height = 260 px.




b. Seperti yang ditampilkan pada halaman sebelumnya menggunakan brush tool, jangan lupa atur dahulu warnanya (fill color) sebelum mengoreskan ke stage. Untuk lebih detailnya sesuaikan pula brush size dan brush shape.




c. Buatlah gambar yang pertama dahulu. Bila contoh gambar di atas terlalu rumit buatlah gambar yang sederhana dahulu yang merupakan gambar berurutan. seperti gambar dibawah ini.




Setelah selesai buatlah gambar pada frame selanjutnya. Untuk memudahkan proses copy-kan frame pertama dengan menekan tombol F5 (insert > frame), jika benar maka tampilan timeline akan seperti gambar dibawah ini.




d. Kemudian clik pada frame ke dua kemudian tekan F6 (confert to keyfarme) , jika benar
maka tampilan timeline akan seperti gambar dibawah ini




e. Bila sudah seperti pada gambar diatas kemudian itu ubah gambar yang kita inginkan bergerak (perhatikan contoh gambar di halaman sebelumnya). Sedangkan objek yang akan kita jadikan gambar diam (contoh dalam gambar di atas adalah gambar pot) tidak usah kita ubah gambarnya.


f. Hal yang sama juga berlaku untuk membuat gambar pada frame 3, 4, 5 dan seterusnya. Bila ada menggambar sampai frame 15 maka tampilan timeline akan seperti gambar dibawah.




g. Untuk mencoba animasi yang sudah kita buat, tekan Ctrl-Enter dan click tada silang
merah untuk menutupnya.


h. Setelah selesai simpan pekerjaan anda dan publishlah dengan perintah shift - F12. Lihatlah pada direktori tempat menyimpan file, akan muncul dua file baru, 1 file fla (file data asli flash) dan file swf (file hasil publish yang siap digunakan).

Previous
Next Post »

SILAKAN DI LIKE APABILA BERMANFAAT ! DAN JUGA IKUTI BLOG INI UNTUK MENDAPAT INFORMASI DAN APLIKASI TERBARU SEPUTAR DUNIA PENDIDIKAN

×

Powered By Blogger Widget and Get This Widget